berita sumut

Desa Rugemuk Dicanangkan Sentra Heltikultura Bawang Merah dan Melon .

Admin 2 | Kamis, 02 Mei 2019 - 11:47:05 WIB | dibaca: 645 pembaca

Gambar : lokasi penanaman bawang merah nara sumber Ardiansyah Harba di dampingi kades Rugemuk Sopian Edrian dan seluruh kelompok tani yang hadir dusun ll desa Rugemuk kecamatan Pantai Labu (Foto Awal sk)

Deli Serdang, Pantai Labu - Desa Rugemuk dicanangkan Sentra  Budidaya  bawang Merah dan melon   dusun ll desa Rugemuk kecamatan Pantai Labu Deli Serdang (DS) yang sangat berpotensi untuk penanaman bawang Merah  yang juga melon dan tanaman lainnya.

Bawang terdiri dari 2 macam Lokanata dan Sahren F1, Disamping itu kelompok tanai Barokah Tani  dusun ll desa Rugemuk Supri sangat Telaten  tentang penaaman bawang merah tetsebut . Pertama penanman tidak berhasil ,coba lagi bethasil sehingga ketua kelompok tani Berkah Tani  Supri sangat semangat ,sehingga hasilnya sangat memuaskan dengan jangka 60 hari  telah mendapatkan hasil puluhan juta dengan harga di tolak bawang merah kering   ke pasar Induk Rp22 .000 /kg begitu juga tanaman yang lain  ,dengan luas 15 rante saja ,sekarang areal di tambah lagi dengan luas lebih kurang 1 H .

Selasa 30/4/19 kelompok tani Barokah tani Lancing bawang merah Lokanata dan Sahren F1 yang hadir kelompok tani di masing kabupaten di Sumatra Utara ,dinas pertanian Provinsi Sumut di wakili Risma Gultom , dinas pertanian kabupaten diwakili Susamar  PPL dan kades desa Rugemuk Sopian Edrian , sebagai nara sumber dari PT.Eas wet Seed Indonesia cap panah merah yang dipimpin oleh Ardiansyah Harba ,.beliau menjelaskan kan cara _cara dan teknis penaman bawang merah supaya hasil dan sukses bagi kelompok taninya , sehingga tidak lagi mengimpor dari luar Sumut  .Petani bawang merah bisa berhasil yang perlu dipelajari ilmunya , mulai dari pembibitan ,penanaman  dan pemasaran . Juga harus di kuasai rumput yang ada di sekitar lokasi penanaman dan tenaga kerjanya.

Bawang merah dan cabai merah bisa menyebabkan Implasi kalau petani Indonesia tidak berhasil tentang petani bawang merah dan juga cabai merah ujarnya .

Kades Rugemuk Sopian Edrian menyampaikan kemedia  desanya saat ini menjadi Sentra Hertikultur bawang merah melon dan yang lainnya .Dengan adanya penaman bawang merah bisa menampung  tenaga kerja sehingga petani di desa nya menambah pendapatan sehari _hari untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Itu Sehingga tidak ada lagi lahan tidur dan masyarakat yang menganggur , hampir seluruh nya lahan kosong di manfaatkan untuk  benih  ujar kades.

Medan Pos(Awal sk)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)