Berita Pers

Dugaan Galian C Ilegal, LSM KPK Asahan Bakal Laporkan PT Porsea Alam Mandiri ke Polisi

Admin 2 | Sabtu, 22 Januari 2022 - 14:11:28 WIB | dibaca: 391 pembaca

Ketua DPC LSM KPK Kabupaten Asahan, Iskandar Ray

Mandalapos.co.id, Asahan – Dewan Pimpinan Cabang LSM Komunitas Pemburu Korupsi (KPK ) Kabupaten Asahan akan melaporkan proyek Galian C (tanah timbun) PT . Porsea Alam Mandiri yang diduga Ilegal.

Ketua DPC LSM KPK Kabupaten Asahan, Iskandar Ray, mengatakan hasil investigasi yang telah dilakukan pihaknya, PT. Porsea Alam Mandiri selaku perusahaan yang melakukan proyek Galian C di Desa Bahung Sibatu Batu, Kecamatan Sei Dadap, sampai saat ini hanya mengantongi  izin Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) saja.

” PT. Porsea Alam Mandiri diduga telah melakukan proyek galian C tanah timbun secara ilegal,  karena sampai saat ini Izin Usaha Pertambangan ( IUP ) dari Kementrian Energi Sumber Daya Alam (ESDM ) belum ada, dan yang ada hanya Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP ) saja,” terang Iskandar kepada mandalapos, Jumat (21/1).

Selain itu lanjut Iskandar, setelah Izin Usaha Pertambangan keluar, maka proses selanjutnya izin Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup – Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL – UPL)  yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan dikeluarkan oleh Kementerian terkait.

Menurut Iskandar,  PT . Porsea Alam Mandiri selaku pemegang izin WIUP belum bisa atau belum boleh menjual hasil pertambangan galian C sebelum izin IUP dari Kementrian ESDM keluar.

“Jadi salah kalau PT. Porsea Alam Mandiri sudah menjual hasil pertambangan galian C tanah urug / timbun, karena izin IUP nya masih dalam proses  kepengurusan di Kementrian,” jelasnya.

DPC LSM KPK Kabupaten Asahan, sebut Iskandar, juga telah melakukan konfirmasi serta koordinasi kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  (PUPR ) Asahan, melalui Kepala Bidang Tata Ruang Syahrum.

“Dalam keterangannya, Syahrum menjelaskan kepada DPC LSM KPK Asahan bahwa sampai saat ini pihak Dinas PUPR Asahan belum pernah atau sama sekali tidak pernah mengeluarkan izin tentang Tata Ruang terhadap PT. Porsea Alam Mandiri,” ungkap Iskandar.

Untuk itu dalam waktu dekat ini beber Iskandar, DPC LSM KPK Kabupaten Asahan secepatnya akan membuat laporan pengaduan ke pihak Kepolisian Daerah Sumatera Utara dan Kepolisian Resort Asahan, terkait keabsahan Izin Usaha Pertambangan ( IUP ) Galian C PT. Porsea Alam Mandiri. *** ( JH )

Sumber https://www.mandalapos.co.id/ 










Komentar Via Website : 1
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)