berita sumut

RAPAT TIM TEKNIS AMDAL PEMBANGUNAN PLTU 14 MW " "Wartawan Dilarang Meliput"

PERTEMUAN SEGI TIGA EMAS TERKAIT PEMBANGUNAN PLTU DI TANJUNG SELAMAT DS

Admin 2 | Minggu, 17 April 2016 - 16:10:17 WIB | dibaca: 800 pembaca

Lubuk Pakam  Dialog
PEMBANGKIT Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkekuatan 14 Mega Watt akan dibangun di desa Tanjung Selamat kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang.  Untuk itu Badan Lingkungan Hidup  Deli Serdang menggelar rapat teknis Amdal dan Komisi Amdal dilaksanakan   di Aula Cendana Kantor Bupati Deli Serdang Jumat 8/8.

Sidang Analis dampak lingkungan  (amdal) TIM TEKNIS komisi Amdal Kabupaten DS  melakukan Rapat dihadiri Sekretaris Daerah kabupaten Deli Serdang Asrin Naim, Frans Wijaya Presiden Direktur PT. Citra Mulia Listrik Nasional, konsultan bidang Amdal dari Uniiversitas Sumatera Utara, dan beberapa kabid Amdal BLH  dan staff Bidang Amdal. Namun acara ini sepertinya tertutup buat kalangan media, tidak jelas maksud penyelenggara, dalam hal ini BLH, "jurnalis  Dialog yang meliput dilarang berada di dalam ruangan"

" Kegiatan ini tertutup tidak diperbolehkan di publikasi " maaf ya tolong keluar ruangan  " sebut salah seorang staff BLH marga  Silaen yang mengaku dari  Amdal BLH. Nanti la kalau kegiatan sudah selesai baru kalian minta datanya ke saya  ucapnya.

Pembangunan proyek   PLTU memang masih tahap pembebasan Lahan, Namun  sebelum dilakukan pelaksanaannya perlu  dilakukan kajian khusus tentang Analisa dampak lingkungan (Amdal). PLTU memang   berbahan bakar ramah lingkungan, tapi  "kajian Amdal" wajib harus dilakukan  ucap peneliti Amdal dari universitas sumatera utara.

Pembangunan digagasi oleh PT. CITRA MULIA LISTRIK NASIONAL (CLMN) rencana dilaksanakan Di desa Tanjung Selamat kecamatan Percut Sei Tuan dengan produksi listrik menghasilkan  kekuatan 15 MW. Presiden Direktur PT. CMLN Frans Wijaya juga  turut hadir , namun sebelum berada di ruang Cendana Kantor Bupati Deli Serdang mereka berada di kantor BLH. Tidak tahu jelas keterkaitan media tidak boleh lakukan peliputan, pastinya BLH tidak ingin hal tersebut diketahui media.

Ironisnya saat apat digelar di Ruang Cendana  pemkab deli serdang  dinyatakan  tertutup oleh oknum BLH marga Silaen  yang sengaja melarang media berada di ruangan. Tidak jelas apa maksud Silaen, pastinya pelarangan peliputan sudah jelas melanggar UU Pers nomor 40 tahun 1999. Dan dapat diancam 2 tahun penjara dan denda 500 juta, sesuai pasal 4: 2 dan 3   UU Pers 40/1999..

Menyikapi hal tersebut, Senin 12/4 kepada Dialog Kepala Badan Lingkungan  Hidup Deli Serdang (BLH), Artini Marpaung katakan, Inikan RAPAT TIM TEKNIS AMDAL " ngapinlah  diliput  itu bukan berita namun yang perlu dinaikkan itu tentang pembangunan deli serdang  kalau  itukan rapat tim teknis Amdal, provinsi dan kabupaten, jadi tidak boleh la diliput" ujarnya . Kan namanya rapat tim teknis Amdal jadi hanya orang tertentu saja, akhirnya. (ES)

Teks : TIM TEKNIS AMDAL kabupaten Deliserdang laksanakan rapat komisi amdal  pembangunan PLTU diprakarsai PT. CMLN di Aula Cendana Pemkab DS. Foto Dialog/es.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)